Minggu Pertama Tinggal di Kanada? Ini 4 Hal yang Wajib Dilakukan

Minggu Pertama Tinggal di Kanada? Ini 4 Hal yang Wajib Dilakukan

Saat tulisan ini dibuat, saya baru dua minggu tinggal di Kanada dan seminggu menjalani perkuliahan. Berhubung belum mulai kerja dan lagi libur Thanksgiving, saya jadi pengin berbagi pengalaman selama beberapa hari pertama di sini.

Kalau di antara teman-teman ada yang mau pindah ke Kanada, tepatnya ke kota Vancouver, British Columbia, baik sebagai pelajar internasional maupun pekerja sementara, maka kira-kira ada empat hal yang bakal masuk to-do list kamu selama seminggu pertama. Namun, sebelum itu… 

First things first: Timmies!

widisontheroad - minggu pertama di Kanada - logo Tim Hortons

Disclaimer: Saya hanya pelanggan setia Tim Hortons yang membuat konten ini dengan suka rela. :’)

Sebelum masuk ke urusan yang agak serius, alangkah baiknya kalau kamu bikin kunjunganmu ke Kanada lebih afdol dengan terlebih dahulu mengunjungi restoran cepat saji satu ini.

Setelah tiba di Bandara Internasional Vancouver (YVR), kamu akan lihat tulisan Tim Hortons mejeng di sudut dekat pintu keluar terminal kedatangan internasional. Kalau punya cukup waktu, sebelum naik SkyTrain maupun taksi, gak ada salahnya kalau kamu jadikan restoran ini first stop kamu di Kanada.

widisontheroad | minggu pertama di Kanada | Tim Hortons di bandara Vancouver
Tim Hortons di terminal kedatangan internasional bandara Vancouver

Tim Hortons aka Timmies merupakan gerai donat dan kopi yang sangat populer di Kanada. Hingga Februari 2019, Tim Hortons sudah ada di lebih dari 4.800 lokasi, gak cuma di negara asalnya, Kanada, tapi juga Amerika Serikat, Meksiko, Eropa, Filipina, Timur Tengah, dan yang terbaru, Cina.

Berhubung waktu itu saya keluar dari bandara Vancouver sudah pukul 9.30 malamkarena harus mengurus study permit dulu di bagian imigrasi, maka saya dan teman saya, Soya, memutuskan untuk nongkrong di Tim Hortons dekat rumah, yang kebetulan bukanya 24 jam. (Percayalah, restoran ini benar-benar ada di ma-na ma-na dan se-la-lu ra-mai!)

Selain donat dan kopi, Tim Hortons juga punya menu breakfast yang bisa dipesan kapan saja. Saya sendiri memilih salah satu menu andalannya, yaitu Timbits alias donat mininya Tim Hortons, sebagai makanan pertama saya di Kanada. Soya juga memesankan Steeped Tea yang rasanya mirip Thai Tea, tapi untungnya cocok di lidah saya.

Menurut saya donatnya enak. Walaupun gak mind-blowing, tapi dengan harga yang relatif murah, rasanya sangat worth it. Untuk donat classic, harganya cuma $0.99, sementara donat specialty dihargai $1.19. Semuanya belum termasuk pajak 5%.

Nah, kalau perut sudah terisi, selanjutnya bersiaplah untuk melakukan empat hal ini:

 

1. Beli Compass Card

Kalau kamu memilih naik SkyTrain dari bandara menuju kota, maka sudah pasti kamu harus punya yang namanya Compass Card atau Compass Ticket.

Compass Card adalah kartu sakti yang akan membawa kamu keliling Metro Vancouver naik SkyTrain, bus, maupun SeaBus. Kartu ini bisa kamu beli di vending machine yang ada di setiap stasiun SkyTrain, sejumlah outlet London Drugs, terminal ferry, kantor customer service-nya yang ada di stasiun Stadium–Chinatown, maupun secara online di website Compass Card.

widisontheroad | minggu pertama di Kanada | Compass Card
Compass Card: Kartu pembayaran transportasi publik di area Metro Vancouver.

Jenis Compass Card terbagi menjadi dua, yaitu Stored Value dengan sistem deposit atau pay-as-you-go (mirip seperti E-Money), dan Monthly Pass yang berlaku satu bulan. Selain itu, ada juga dua jenis Compass Ticket yang bisa kamu pilih, yaitu Single Fare, yang berlaku selama 90 menit, serta Day Pass yang bisa dipakai berkali-kali dalam sehari.

Harga setiap kartu ini berbeda-beda tergantung zona atau area yang dituju. Vancouver sendiri punya tiga zona dengan harga tiket perjalanan sebagai berikut:

 

widisontheroad | minggu pertama di Kanada | Compass Card fares
Sumber: https://www.translink.ca (Oktober 2019)

Berhubung tempat tinggal dan kampus saya lokasinya ada di zona 1, maka saya hanya membeli Compass Card Monthly Pass 1 Zone seharga $98. Artinya, kalau saya mau ke bandara yang berlokasi di Richmond (zona 2), atau main ke kota Surrey (zona 3), saya harus bayar biaya tambahan dengan mengisi deposit (stored value) di Compass Card saya, atau membeli tiket baru, baik Single Fare atau Day Pass yang mencakup kedua zona tersebut.

widisontheroad | minggu pertama di Kanada | Translink Map
Sumber: https://www.translink.ca (Oktober 2019)

Supaya lebih jelas, mungkin kapan-kapan saya akan bikin artikel khusus tentang transportasi umum di Vancouver.

 

2. Beli SIM card

Kenapa beli SIM card saya tulis di urutan kedua, bukan pertama? Karena kamu gak akan menemukan gerai provider apapun di bandara Vancouver.

Yes, you read it right. Hal ini udah saya riset sebelum berangkat ke Vancouver, supaya saya bisa memutuskan apakah perlu pasang paket data roaming, dan kapan saya harus beli SIM card. Sangat disayangkan sih memang. Namun, untungnya wifi gratis tersebar di mana-mana sehingga hari pertama saya hanya memanfaatkan wifi di bandara, Tim Hortons, dan rumah.

SIM card baru saya beli di hari ketiga, setelah akhirnya saya keluar dari area tempat tinggal dan menuju Downtown. Atas rekomendasi Soya, saya memilih provider Koodo yang saat itu lagi ada promo. Promo ini adalah kunci karena harga paket data di Kanada mahal-mahal banget kakak…. T_T

Saat lihat penawaran harganya dan mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya saya pilih paket 4 GB + unlimited text message + 500 menit telepon dengan harga yang tadinya $50 per bulan menjadi $40 per bulan.

Berdasarkan hasil riset kecil-kecilan saya, sebenarnya kalau mau lebih hemat lagi masih ada pilihan lain yang lebih murah, baik dengan Koodo maupun provider lain—dengan sejumlah kekurangan tentunya. Rata-rata harga yang dikenakan sekitar $30-$35 per bulan; either Internet tanpa call dan text message, atau all in, tapi dengan jaringan yang terbatas di 3G.

 

3. Urus Social Insurance Number

Social Insurance Number (SIN) adalah 9 digit nomor yang diperlukan oleh penduduk tetap maupun penduduk sementara Kanada untuk bisa bekerja. Karena saya memang berencana kerja part-time, lalu di bulan keenam akan kerja full-time untuk memenuhi syarat perkuliahan, maka saya sengaja mengurus SIN sejak awal biar gak repot nantinya.

Nomor SIN bisa diperoleh di kantor Service Canada. Waktu itu saya datang ke Service Canada yang berlokasi di 1420 Kingsway. Prosesnya cukup mudah dan cepat. Setelah mengantre, petugas di counter menanyakan keperluan saya, lalu setelah menunjukkan paspor saya diminta duduk sampai nama saya dipanggil.

Hanya sekitar 5 menit menunggu, seorang petugas lain sudah memanggil saya ke salah satu bilik untuk mulai mengurus SIN. Ia meminta paspor, study permit dan work permit—yang saya peroleh di imigrasi airport, serta alamat tempat tinggal saya di Kanada.

Setelah sekitar 10 menit melengkapi data di komputer, petugas pun menyerahkan nomor SIN saya yang hanya tercetak di selembar kertas. Di sana juga tertera masa berlaku nomor tersebut, yang mana sama dengan masa berlaku study permit saya.

Sejak tahun 2014, pemerintah Kanada memang sudah tidak lagi mengeluarkan SIN dalam format kartu fisik. Either way, kita harus berhati-hati menjaganya. Petugas Service Canada akan kasih daftar pihak mana saja yang boleh dan tidak boleh kita berikan SIN tersebut.

 

4. Buka bank account

Sejak masih di Indonesia, ada dua nama bank Kanada yang sudah saya kenal, yaitu RBC Royal Bank, yang merupakan bank tujuan saya untuk bayar uang sekolah, dan TD Canada Trust, yang merupakan bank-nya landlord saya. Ada juga beberapa bank lain yang cukup sering saya jumpai di kota ini, antara lain BMO Bank of Montreal dan Scotiabank.

Saya memutuskan untuk membuka akun bank TD atas rekomendasi Soya. Awalnya saya datang ke kantor cabang TD yang ada di East Broadway, gak jauh dari stasiun Commercial-Broadway. Namun, karena gak ada yang in charge saat itu, maka sang petugas menyarankan saya bikin appointment dulu untuk siang harinya.

Kebetulan saat mengurus SIN di Service Canada Kingsway, saya lihat ada kantor cabang TD tepat di sebelahnya. Setelah urusan SIN beres—dua jam sebelum waktu appointment saya yang sebenarnya dijadwalkan di cabang lain, saya pun nekat walk in ke cabang TD yang satu ini. Kali aja hoki dan ada pegawai bank yang bisa langsung membantu.

Beruntung, teller yang melayani saya menyanggupi untuk mengurus permohonan bank account saya saat itu juga. Prosesnya ternyata berlangsung di private room dan memakan waktu agak lama. Wajar kalau umumnya calon nasabah harus buat appointment dulu.

Sebagai pelajar internasional, saya didaftarkan di TD Student Chequing Account dengan keuntungan bebas biaya administrasi bulanan, tanpa syarat saldo minimum, serta gratis 25 kali transaksi setiap bulan. Selain itu, saya juga dapat TD Saving Account dengan gratis 1 kali transaksi per bulan.

Oh ya, saat membuka bank account ini, pegawai bank akan meminta nomor telepon lokal kita untuk pendaftaran mobile banking. Salahnya, saat itu saya berencana baru akan beli SIM card setelah urusan SIN dan bank beres. Alhasil, esok harinya saya harus mengurus sendiri penggantian nomor handphone di akun online yang sudah didaftarkan.

Bonus: BCID & medical insurance

Ini dua hal yang gak wajib, tapi disarankan kita urus saat baru tinggal di Kanada, khususnya di provinsi British Columbia.

Pertama, kartu BCID. Kartu ini fungsinya menggantikan paspor kita yang guede dan makan tempat itu (apalagi kalau paspor lama ikut dibawa pfftt). BCID bisa didapatkan dengan harga $35 di kantor ICBC (Insurance Corporation of British Columbia), kantor yang sama yang mengurus medical insurance dan driver’s license.

Nah, saat menulis artikel ini, saya belum mengurus BCID maupun medical insurance. Kebetulan belum ada lagi keperluan yang membutuhkan paspor sehingga sering kali dokumen penting ini saya tinggal di rumah. Nanti kalau sudah memutuskan untuk mengurus keduanya, artikel ini pasti akan saya update! Mudah-mudahan informasi yang saya bagikan di atas cukup membantu, ya. 🙂

2 thoughts on “Minggu Pertama Tinggal di Kanada? Ini 4 Hal yang Wajib Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *